Sabtu, 25 Maret 2017

DEASY GOZALI (DESAINER INTERIOR)

Undang Barongsai, Hibur Keluarga

TAHUN baru Imlek selalu menjadi momen yang paling tept untuk berkumpul bersama keluarga besar. Meskipun termasuk hari libur, namun sangat jarang kaum Tionghoa yang memanfaatkan hari besar tersebut dengan berlibur ke luar kota.

Salah satu kenangan yang paling diingat oleh Deasy Gozali setiap kali bersilahtuhrahmi dengan keluarga besarnya adalah pertunjukan atraksi barongssai yang diundang untuk memeriahkan suasana. Setiap tahun, keluarganya menyaksikan pertunjukan para pemain yang diundang ke rumah salah satu kerabatnya.

Biasanya, desainer interior alumnus Universitas Tarumanegara Jakarta ini melewatkan satu hari tahun baru Imlek dengan sembahyang dan mendoakan arwah leluhur yang telah tiada. Malam harinya Deasy bersama suami dan tiga anaknya hadir dalam makan malam bersama keluarga besar sang suami.

Tak ada makanan istimewah yang hadir di antara mereka. Hanya Chinese food sederhana seperti mie goreng dan ayam ko lo kee. Meski begitu, yang paling dinanti adalah kebersamaan dengan sanak famili. "Baru besoknya kita keliling ke ibu mertua, saudara-saudara yang lebih tua, dan keluarga lainnya," tutur wanita kelahiran 3 Desember 1983 tersebut.

Di hari pertama tahun baru inimereka berkunjung ke beberapa tempat seperti keluarga besar sang ayah, hingga ke keluarga besar ibunda. Di sinilah biasanya Deasy dan keluarganya meninton pertunjukan barongsai. "Sengaja dipanggil ke rumah, supayah suasana semakin meriah," imbuhnya.

Kehadiran barongsai ini, lanjut Deasy, juga menjadi simbol dan harapan akan datangnya tahun yang penuh kemakmuran dan keselamatan. Selain itu dirinya juga memasang berbagai hiasan Imlek yang bernuansa warna merah dan emas.

"Kalau di keluaga saya, setiap mau tahun baru Imlek ada tradisi tidak boleh membersihkan rumah di tahun baru, dan lampu di semua ruangan harus terang. Ini jadi suatu tradisi, supaya bisa mendatangkan kemakmuran serta kesejahteraan sepanjang tahun," ujarnya.

Istri dari Herman Agus Salim ini juga berharap, di tahun ayam api ini dirinya beserta keluarga bisa diberkahi dengan kesuksesan serta selalu diberkai dengan kesehatan, kemakmuran dan kesejahteraan,. "Semoga di tahun baru ini kita juga dijauhkan dari kesulitan," pungkasnya. (lin/har)


Sumber : RADAR JEMBER, 28 Januari 2017
: (er)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar